Kamis, 10 Mei 2012

Cara Mengamankan Blog WordPress

Sering kita melihat beberapa blog/website ternama di Indonesia mengaku bahwa blog/website mereka telah di-hack oleh pihak yang tidak bertanggung jawab atau yang disebut dengan "hacker". Oleh karena itu, keamanan blog/website perlu diperhatikan demi keamanan database blog/website kita. Berikut ini adalah cara mengamankan blog wordpress dari hacker:



1. Enkripsi login
Setiap kali Sob mencoba untuk login ke halaman admin, password akan dikirim dengan tidak terenkripsi. Jika Sob berada di jaringan publik, hacker dengan mudah bisa ‘mengendus’ data login menggunakan sniffer jaringan. Cara terbaik adalah untuk mengenkripsi login adalah dengan plugin Chap Secure Login. Plugin ini menambahkan hash acak untuk password dan otentikasi login dengan protokol TCP.

2. Hentikan brute force attack
Hacker dapat dengan mudah memecahkan sandi login dan menggunakan credential brute force attack. Untuk mencegah hal itu terjadi, Sob dapat menginstal plugin login lockdown. Plugin ini mencatat alamat IP dan timestamp dari setiap yang berusaha login ke wordpress kamu dan gagal. Setelah sejumlah usaha yang gagal terdeteksi,secara otomatis akan menonaktifkan fungsi login untuk semua permintaan dari IP bersangkutan.

3. Gunakan password yang kuat
Pastikan menggunakan kata sandi yang kuat yang sulit ditebak orang lain. Gunakan kombinasi angka, karakter khusus dan kombinasi huruf besar dan kecil.

4. Lindungi folder wp-admin
Wp-admin adalah folder berisi semua informasi penting dan merupakan lokasi yang tidak boleh ada satupun yang dapat mengaksesnya. Gunakan AskApache Password Protect untuk melindungi direktori dengan password dan memberikan hak akses hanya untuk admin yang berwenang saja.

5. Hapus informasi versi WordPress
Hampir semua theme wordpress memberikan informasi versi WordPress dalam meta tag.Hacker dapat dengan mudah mendapatkan pegangan dari informasi ini dan membuat rencana serangan yang tepat.

Sejak wordpress 2.6,versi wordpress secara otomatis di masukkan di bagian Wp_head,untuk mengatasinya sob harus menginstal plugin WP-Security Scan plugin.

6. Sembunyikan folder plugin Anda
Coba buka url blog sob seperti ini : http://mj-komputer.blogspot.com/ ,jika masih terlihat daftar plugin yang kamu pakai, upload file index.html kosong ke direktori plugin.

Buat saja dengan notepad: klik kanan>>New>>Text Docoment lalu simpan dengan nama index.html.

7. Username dan alamat email
Jangan gunakan default username “admin” sebagai login dan jangan menggunakan email yang sudah pernah di ketahui orang lain.Buat username yang sulit dan berbeda dengan nama author yang sob pakai.

8. Selalu update
Update secara rutin wordpress dan semua pluginnya jika ada peringatan. WordPress dan plugin yang tidak update sangat rentan Hacker.

9. Backup database rutin
Tidak peduli seberapa aman blog sob, persiapkan untuk yang hal-hal terburuk. Instal plugin wp-database-backup dan jadwalkan untuk backup database setiap hari.

10. Tentukan hak akses pengguna
Jika ada lebih dari satu admin di blog,sob dapat menginstal plugin role-manager untuk menentukan kemampuan dari setiap kelompok pengguna.

0 komentar:

Posting Komentar