Kamis, 10 Mei 2012

Cara Mengaktifkan Dictation di iPad Terbaru

Cara Mengaktifkan Dictation di iPad Terbaru

Voice assistant Siri yang ada di iPhone 4S tidak diberikan oleh Apple di iPad terbaru. Meski demikian Anda bisa menemukan penggantinya yang disebut sebagai Dictation.

Dictation merupakan fitur speech-to-text yang memudahkan Anda dalam pengetikan. Sayangnya tidak semua model iPad terbaru telah secara default mengaktifkannya. Jika kebetulan Dictation di iPad generasi ketiga yang Anda miliki belum aktif maka kini saatnya Anda memfungsikannya secara penuh.


           
CARA MENGAKTIFKAN DICTATION
1. Bukalah Setting app.
2. Tap pada General.
3. Scroll sampai bawah dan tap pada Keyboard.



4. Ganti setting di ‘Dictation’ ke posisi ON.



5. Tap Enable untuk menyetujui privacy notification.



6. Jika Anda masih ragu dengan privacy notification, tap About dan baca detailnya.



7. Tap Done jika Anda telah mengerti.

Seperti Siri, Dictation merupakan sebuah layanan server yang mentransmisi suara ke Apple data center untuk diproses dan kembali sebagai teks. Memproses suara bukanlah hal yang sederhana dan membutuhkan daya serta akses ke jutaan sampel suara yang untuk saat ini hanya bisa diberikan oleh data center.

           
CARA MENGGUNAKAN DICTATION
Setelah Anda mengaktifkan Dictation menggunakan langkah-langkah di atas, sebuah microphone key akan muncul di iPad keyboard. Note: microphone ini tidak selalu muncul di semua kondisi keyboard. Sebagai contoh, key tidak akan tampak jika Anda tengah memasukkan sebuah website adreess URL, tapi akan muncul di semua keyboard yang dipakai untuk memasukkan teks standar.

1. Tap pada Dictation key untuk memulai.



2. Ucapkan apa yang ingin Anda tampilkan sebagai teks.
3. Tap pada Dictation key untuk mengakhiri.

Untuk mendapatkan hasil teks akurat, cobalah berbicara dengan kecepatan tetap dan ucapkan kata-kata sejelas mungkin. Jika Dictation tidak dapat mengerti yang Anda ucapkan maka kata-kata akan digaris-bawahi dengan warna biru di screen iPad Anda. Jika kata yang dihasilkan Anda anggap tidak benar, tap pada kata tersebut untuk mendapatkan sebuah popup menu yang berisi kata alternatif. Tap pada sebuah pilihan untuk mengganti sesuai yang Anda inginkan. Anda juga bisa dengan mudah edit teks hasil olah Dictation seperti edit teks biasa pada umumnya.

Mudah, bukan? Selamat mencoba Dictation di iPad terbaru Anda!

0 komentar:

Posting Komentar